Langsung ke konten utama

Geliat Dunia Motor Garuk Tanah

Sejarah Motor Garuk Tanah
viar-jabodetabekser.blogspot.com

Membicarakan dunia otomotif rasanya tak akan pernah selesai, terutama motor trail. Motor jenis ini memiliki keunggulan sendiri. Motor trail merupakan hasil dari modifakasi sepeda motor untuk medan nonaspal atau off road. Rupanya pamor motor trail mulai ada peningkatan peminat
komunitas pecinta motor trail.

Penunggang trail sekarang tak hanya untuk crosser saja, orang awam pun
mulai melirik motor trail. Mereka menggemari motor trail untuk kendaraan harian maupun sekadar melampiaskan adrenalinnya menaklukan medan off road.
Motor Trail sebagai Gaya Hidup

Sekarang tak hanya motor besar seperti Harley Davidson (HD), yang
menjadi motor koleksi saja. Motor trail pun sekarang bersanding benda
koleksi lainnya seperti motor sport, HD, dan mobil sport lainnya. Peminat motor trail dari kalangan pengusaha sampai anak muda. Memang
menunggangi motor trail memberikan kesan gagah, apalagi dengan atributnya seperti helm full face, sepatu boat, dan pelengkap safety ride lainnya.
Durabilitas motor trail yang mampu bertahan dalam segala jalan maupun
medan off road menjadikan motor trail memiliki pesona tersendiri. Motor trail bukan lagi sebagai alat transpor. Motor atau motor cross sebagai media untuk menyalurkan hobi bertualang, mengeksplorasi alam Indonesia. Sekarang ini motor trail sudah merupakan adventure statement.
Sejarah Motor Trail

Awalnya sebelum lahir motor trail, sudah ada sepeda motor biasa.
Pabrikan motor di Eropa maupun di Jepang masih berkutat memproduksi
motor dengan mesin besar. Kira- kira pada dekade 30-an ketika era perang
dunia meletus di Eropa, sejarah motor trail bermula dari Shozo Kawasaki, Jepang.

Shozo Kawasaki, pionir motor trail, awal usahanya bergerak dalam bidang
perakitan alat-alat perang, seperti pembuatan rudal, mobil tempur, dan
peranti pendukung militer lainnya. Kemudian Shozo Kawasaki menjalin
kerjasama dengan pabrikan BMW guna membangun pabrik perakitan pesawat.
Kemudian Kawasaki mulai memproduksi sepeda motor dua tak. Setelah Perang Dunia II berakhir, Kawasaki mulai fokus terhadap produksi sepada motor empat tak. Termasuk memproduksi motor-motor segala medan atau motor trail.

Pada waktu itu motor trail menjadi kebutuhan guna menunjang pekerjaan di lapangan. Hingga kemudian muncullah kompetisi balap motor cross yang medan lintasannya berupa tanah dengan sejumlah rintangan atau bowl. Sejak itu pabrikan motor Jepang satu persatu memproduksi motor trail.
Demikian juga Shozo Kawasaki perintis motor trail mulai menciptakan motor sport. Sampai sekarang Kawasaki Motor terkenal dengan produsen motor sport terbesar di dunia.

Ciri Khas Motor Trail
Kenapa motor trail banyak diminati orang banyak? Motor trail memiliki
kelebihan yang tak ada pada motor lain. Berikut ini sedikit penjelasan
tentang perbedaan motor trail dengan sepeda motor lainnya.

1. Ciri Khas Motor Trail - Suspensi
Yang dimaksud dengan suspensi adalah benda bagian motor yang bertugas meredam getaran saat motor berjalan pada lintasan yang tak datar. Letak suspensi motor trail di depan dan di belakang. Suspensi depan berbentuk garpu, ujung bawah mengait ban depan dan rem, sedangkan ujung atas tempat dudukan stang serta speedometer.
Suspensi belakang pada motor trail bersifat monoshock, dipasang di
tengah bodi motor. Suspensi monoshock lebih efektif meredam getaran ekstrem ketika melintas medan berat atau ketika motor jumping.

2. Ciri Khas Motor Trail - Roda Bergerigi
Roda motor trail berbeda dengan motor on road. Motor trail dipakai di
medan tanah maupun lumpur, jadi motor trail perlu roda yang memiliki
gerigi agar daya gesek dengan tanah bisa lancar dan mampu melibas
lintasan lumpur.
Roda depan dan roda belakang pada motor trail jenisnya berbeda termasuk ukurannya. Bentuk roda depan cenderung ramping, dengan alur gerigi lebih kecil. Roda belakang ukurannya relatif besar dan tebal karena tugas roda belakang menahan beban berat ketika motor berjalan dan jumping.

3. Ciri Khas Motor Trail - Mesin Motor
Pabrikan motor trail mengeluarkan dua jenis motor trail yakni two
strokes dan four strokes. Namun, ciri khas mesin motor trail adalah
power, akselerasi dan durabilitas yang tinggi. Contohnya mesin Viar CrossX200 SE, konsumsi bensin untuk motor ini tergolong irit.

4. Ciri Khas Motor Trail - Bodi Motor
Bodi motor trail biasanya lebih ramping, fungsinya agar lebih luwes
dalam bermanufer di medan off road. Selain itu, ground clearance motor
trail lebih tinggi dari pada motor biasa. Bodi motor trail terbuat dari
rangka baja ringan.

Jenis Motor Trail

Di pasaran motor trail terdapat beberapa jenis tipe motor yang semuanya memiliki spesifik berbeda-beda. Pabrik motor trail mengeluarkan berbagai
sepesifikasi motor untuk melayani berbagai kebutuhan seperti balapan,
penunjang kerja, dan lain sebagainya.

1. Jenis Motor Trail - Special Race (SE)Motor trail jenis ini diproduksi untuk kebutuhan kompetisi balap motorcross, pabrikan mengeluarkan aneka macam mesin, 50 cc, 100 cc, dan 250cc. Pabrikan motor juga mengeluarkan motor trail nonrace guna menunjang mobilitas di tempat-tempat pedalaman, pertanian, maupun hutan.

2. Jenis Motor Trail - Supermoto
Supermoto adalah motor hasil mixing dari motor trail dengan motor sport
road race. Bodinya dan suspensi masih mengadopsi motor trail dengan
namun untuk roda-rodanya menggunakan ban halus layaknya ban untuk roadrace. Supermoto merupakan cabang balapan motor cross yang memadukan medan lintasan jalan aspal dan medan off road beserta lintasan jumping-nya.

3. Jenis Motor Trail - Mini Trail
Mini trail merupakan jenis motor trail yang dipakai untuk anak-anak.
Bodi motor trail jenis ini lebih kecil, kapasitas mesin pun tak besar
hanya 50 cc maksimal 100 cc saja. Ground clereance dengan tanah pun
dibuat rendah. Fungsi mini trail adalah sebagai media melatih anak-anak mengenal olahraga motor sedini mungkin.

4. Jenis Motor Trail - ATV
ATV kepanjangan dari All Terrain Vehicle, artinya kendaraan segala
medan. ATV merupakan hasil pengembangan modifikasi dari motor trail.
Spesifikasi ATV antara lain:
Kapasitas mesin lebih besar kisaran 150 – 400 cc. ATV memiliki empat roda dengan suspensi independen di keempat titik. Setang kendali berupa raise bar seperti setang motor trail. Kapasitas tangki mampu menampung 20 liter bensin. ATV mampu berlari di segala medan, empat ban bergerigi menjadikan ATV nyaman berjalan di tanah dan lumpur.

5. Jenis Motor Trail - Enduro Adventure
trail jenis enduro adventure dipakai untuk kegiatan touring yang
menempuh medan ekstrem, dan perjalanan panjang. Spesifikasi motor endure antara lain kapasitas mesin lebih besar dari SE, suspensi lebih besar dan keras, karakter alur gerigi pada kedua roda lebih kecil.

Event rally terberat seperti Rally Paris Dakkar, menempatkan motor trail
jenis enduro adventure di kelas rally motor. Yang diikuti oleh team-team
rally dari pabrikan ternama. Di Indonesia pabrikan lokal PT Triangle Motorindo selaku principal Viar Motor Indonesia melakukan perjalanan panjang terberat memecahkan rekor muri dengan produk trail andalan Viar Motor Indonesia CrossX200 SE. Ini membuktikan bahwa Viar Motor Indonesia serius mengarap pasar motor garuk tanah ini.

Tips Off Road dengan Motor Trail
Sebelum Anda memulai petualangan dengan motor trail, ada baiknya Anda
memerhatikan ketentuan bagaimana mengendari motor trail dengan benar.

1. Tips Off Road dengan Motor Trail - Keterampilan Bermotor
Menunggangi motor trail berbeda dengan motor biasa, apalagi melintasi
medan-medan sulit. Anda butuh keterampilan menguasai motor trail anda agar stabil dan mampu menaklukan medan off road. Skill yang pas-pasan akan membahayakan penunggangnya.
Salah satunya yang harus diperhatikan ketika akan mengendarai motor trail adalah tinggi badan harus sesuai dengan motornya. Pengendara yang memiliki tinggi lebih dari 175 cm dianjurkan menggunakan motor dengan cc besar agar kaki dan tangan leluasa bergerak. Sementara itu, pengendara yang memiliki tinggi badan di bawah 175 cm sebaiknya memilik motor trail dengan cc sedang.

2. Tips Off Road dengan Motor Trail - Kesehatan Motor
Syarat utama touring di medan off road adalah kondisi motor trail Anda
harus prima. Sebelum mulai touring periksa terlebih dahulu spare part
motor Anda, seperti tekanan angin pada kedua ban, periksa oli mesin,
jika sudah kotor sebaiknya ganti dengan oli baru. Periksa kondisi busi.
Tak lupa juga priksa kondisi kedua suspensi motor, pastikan tetap balance.

3. Tips Off Road dengan Motor Trail - Kesehatan Rider
Jangan memaksa touring jika kondisi badan kurang fit. Tak nyaman ketika
touring dengan kondisi badan sakit, bahkan nanti bisa jadi di tengah
jalan justru lebih parah sakitnya. Jadi jauh-jauh hari sebelum touring
dengan motor trail, jaga kesehatan Anda dengan cara olahraga teratur,
konsumsi makanan bergizi dan di-backup dengan suplemen vitamin. Ada.baiknya sebelum jalan, melakukan warming up, peregangan otot –otot, seperti tangan dan kaki agar terhindar dari kram.

4. Tips Off Road dengan Motor Trail - Spare Part Cadangan
Asal tahu saja di hutan tak ada bengkel, jadi agar nyaman saat touring,bawalah spare part cadangan seperti busi, lampu, perkakas ringan, dan.buku panduan. Agar jika terjadi sesuatu pada motor trail, Anda bisa
langsung memperbaikinya.

5. Tips Off Road dengan Motor Trail - Safety First
Olahraga motor trail adventure ini memiliki tingkat risiko tinggi. Kalau
lengah pasti bahaya mengancam sewaktu-waktu. Namun, risiko bisa
diminimalkan jika pengendara memakai perlengkapan pengaman, seperti helm full face, sarung tangan, vest pelindung dada, decker pelindung lutut, dan pelindung sikut atau elbow protector.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

VIAR TRANSFORMERS of Supermoto CrossX200 SE

Courtesy: Blog Iwan Banaran Ketika Viar Cross X200SE bertransformasi menjadi Supermoto bike. Leleh tenan kang broooww !!…. Bro dan sis sekalian…..banyak yang bertanya apakah mungkin trail Viar Cross X200SE diirubah menjadi Supermoto bike??. Jawabannya sangat mungkin !!. Hal ini dibuktikan oleh bro Oman dari Batam yang secara terperinci menerangkan ke IWB via email. Asyiknya tidak banyak biaya yang kudu kita keluarkan sebab secara basis desain…Cross X200SE memang sudah ganteng dari sononya. Emang apa aja yang diubah??. Monggo lanjutkan bacanya….. Viar Cross X200SE sejak lahir sudah memiliki komponen mumpuni khususnya untuk sisi visual. Sebut saja suspensi upside down (USD)….swing arm gambot serta lingkar roda lebar yang bisa kita rombak sesuka hati. Jangan heran tampangnya bisa membuat siapapun leleh. Nah….untuk versi standart….pabrikan berbasis di Semarang ini memberikan ring depan 21inch dan belakang 18 inch (khusus versi SE). Sisi itulah yang harus kita ganti jika ingin melak...

Doa Bersama & Deklarasi Komunitas V.O.C - Viar Owners Cross Jabodetabek

Sabtu, 29 Agustus 2015 pukul 9.00 wib bertempat di Gedung Viar Head Office Sunter berkumpul puluhan raider Trail Viar yang tergabung dalam Viar Owners Cross Jabodetabek yang di ketuai oleh Bro Sindu, untuk mengadakan Tasyakuran deklarasi V.O.C oleh Bapak AZ Dalie selaku Deputy Director PT Triangle Motorindo dan Doa Bersama untuk Almarhumah Joe Diana Rider 7 Explorer yang di pimpin oleh Ustadz Habib Fauzi. Acara ini berlangsung dengan hikmat dan dihadiri lebih dari 30 an anggota V.O.C, Managemen dan Karyawan PT Triangle Motorinĸo, Komunitas V1 200 Big Matic, Perwakilan Dealer dan Media. Dengan terbentuknya komunitas V.O.C Jabodetabek semoga menjadi inspirasi bagi daerah - daerah lain, ungkap Deputy Director Bpk AZ Dalie. Kami lahir dari sekitar 5 orang pembentukan komunitas ini bertujuan untuk menyatukan visi dan misi dari pemakai konsumen trail Viar series, imbuh bro Sindu. Ustadz Habib Fauzi menutup acara ini dengan Doa Bersama untuk Kesuksesan Kejayaan dan Keselamatan PT T...

SUPER SALE PROMO 12.12 EBIKE VIAR

Menyambut akhir tahun 2020, Viar Motor Indonesia  menghadirkan program eBike Super Sale memberikan spesial potongan harga senilai 20% melalui program eBike Super Sale untuk produk sepeda listrik Viar Uno, Viar Akasha, Viar Panama serta Viar Orion. “Program e Bike S uper S ale ini merupakan kejutan akhir tahun dari Viar Motor kepada seluruh konsumen untuk mendapatkan sepeda listrik impiannya dengan harga lebih terjangkau,” Melalui program istimewa akhir tahun ini, calon konsumen bisa mendapatkan Viar Uno yang sebelumnya dibanderol Rp. 5.700.000,- kini menjadi Rp.   4.5 0 0.000,-, Viar Akasha yang sebelumnya dibanderol Rp. 7.000.000,- kini menjadi Rp. 5.600.000,-   S edangkan Viar Panama yang sebelumnya dibanderol Rp. 7.500.000,-  setelah di diskon kini harganya menjadi Rp. 6.000.000,-. Bahkan untuk pembelian produk terbaru, Viar Orion sudah bisa dibawa pulang hanya dengan harga Rp. 7. 200 .000,- dari harga Rp 8.990.000,- eBike Super Sale 12.12 berlangsung mulai tangga...