Langsung ke konten utama

SEGMEN TRAIL DI GEMPUR VIAR

Beberapa brand sudah mulai meramaikan pasar motor trail, mengikuti Kawasaki Motor Indonesia (KMI) sebagai pelopor. Dua brand yang sedang hangat meluncurkan motor jenis trail adalah VIAR dan Yamaha. Secara tidak langsung, kedua brand itu berpeluang menggerogoti market share Kawasaki di segmen trail. Lantas bagaimana reaksi Kawasaki?
Nah, ternyata sebagai pelopor motor trail melalui Kawasaki KLX series, KMI masih santai dengan kehadiran VIAR dan Yamaha di segmen trail. KMI pun masih cukup optimis tetap menjadi yang terdepan dalam memasarkan motor trail. “Pokoknya kita pasti leader untuk motor sport dan off road,” kata Department Head Sales and Promotion, Department Marketing and Sales Division PT Kawasaki Motor Indonesia Michael Chandra Tanadhi seperti dilansir detikOto.
Ya sob, sekarang KMI masih bertahan dengan jajaran produk KLX series. Untuk sub-varian supermoto, KMI punya D’Tracker. Untuk sementara ini bisa dibilang masih belum ada pesaing yang benar-benar head-to-head dengan KLX series, mulai dari spesifikasi, brand image, hingga harga. Itu untuk kelas dual sport yang bisa digunakan untuk on road dan off road sekaligus dan legal digunakan di jalan raya.
Selain tipe dual sport, sebenarnya KMI juga menyediakan motor special engine (SE) yang khusus untuk balap motocross melalui KX series. Berbeda dengan KLX series, KX series ini hanya bisa digunakan di sebuah sirkuit, karena memang dibuat khusus untuk balap saja. “Kita sudah masukin special engine itu tipe KX. Itu limited karena untuk di sirkuit. Kita memang nggak launching, karena motor itu segmented ya, hanya untuk race,” ujarnya.
Yamaha yang baru saja meluncurkan motor dual sport WR250R sepertinya memang belum cukup memberikan ancaman terhadap penjualan Kawasaki KLX 250S karena meskipun masih satu kelas, namun harga kedua motor itu terpaut sangat jauh. Harga Kawasaki KLX 250S hanya di angka Rp 61,4 juta, sedangkan Yamaha WR250R dijual dengan harga Rp 93 juta, sama-sama harga on the road (OTR) Jakarta. Paling tidak Kawasaki masih bisa sedikit santai.
Ancaman yang cukup dekat ada pada segmen bawah yang diisi oleh Kawasaki KLX 150S dan Kawasaki KLX 150L. Kedua produk itu mendapatkan tantangan dari VIAR Cross X 200 dan VIAR Cross X 200 SE. Berdasarkan spesifikasi di atas kertas, produk dari VIAR memang lebih unggul. Harganya pun jauh lebih murah. Hanya saja masih banyak yang meragukan durabilitas produk VIAR. Itu belum termasuk permasalahan jaringan 3S dan after sales service VIAR yang masih sangat terbatas. Tapi jika Kawasaki tidak lekas berbenah, VIAR ini berpotensi menjadi ancaman yang nyata bagi KLX 150 series. Apakah akan ada versi baru dari KLX 150 series? Sayangnya Micheal nggak mau membocorkan informasi itu. “Ditunggu aja gebrakan dari Kawasaki,” katanya.
Source by adventuriderz.com.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Antisipasi Timbunan Sampah di DKI Jakarta, 200 Motor Roda Tiga Viar di sebar

JAKARTA - Dinas Kebersihan DKI Jakarta sebar 200 gerobak motor merk Viar ke wilayah yang menjadi prioritas di Ibu Kota Jakarta soal penanganan sampah. Ratusan gerobak motor itu juga diharapkan mampu mengatasi timbunan sampah yang sulit dijangkau truk sedang maupun besar di wilayah tersebut. "Pengadaan gerobak motor baru ini menggantikan unit lama yang sudah tidak laik. Ini akan diberikan ke seluruh wilayah di DKI Jakarta. Tapi tidak semuanya akan memperoleh unit baru ini karena yang menjadi prioritas adalah wilayah yang unit gerobak motornya sudah rusak dan tidak layak jalan," jelas Kepala Dinas Kebersihan DKI Jakarta Isnawa Adji di Jakarta, Jumat 13 November 2015. Adji menerangkan, pengadaan gerobak motor itu diharapkan penanganan kebersihan di wilayah DKI Jakarta bisa berjalan maksimal. Selain itu, keberadaan ‎gerobak motor diharapkan bisa menjangkau lokasi yang selama ini sulit dijangkau oleh mobil besar dan sedang. "Kami dari dinas turunkan ini untuk dioptimalkan

VIAR Diponegoro Trail Adventure

Minggu pagi tgl 25 Januari 2015, Viar Motor Indonesia kembali mengikuti event garuk tanah dirkbike di kota semarang berlokasi di bekas lapangan golf klipang kota semarang jawa tengah. Starting di buka oleh Bapak Yulianto selaku walikota Salatiga dan beberapa pejabat-pejabat pemerintahan kota semarang yang mengemari dunia garuk tanah ini. Viar menurunkan motor trail andalan Viar Jelajah Indonesia CrossX200 SE. Selaun Viar sebagai sponsor utama ada beberapa produk seperti produk minuman berenergi, produk jamu dll. Pengguna Viar CrossX200 SE yang ikut event ini gratis tiket dan jersey yang di sponsori oleh PT Triangle Motorindo selaku prinsipal Viar Motor Indonesia. Pabrik Viar menurunkan 8 crosser untuk memeriahkan event ini. Viar makin kedepan eksis dalam event - event garuk tanah adventure, trabas, enduro dan grasstrack.

Mutualisma Viar – IPB kembangkan kendaraan roda tiga listrik

Viar Lover’s, PT Triangle Motorindo (TM) produsen Viar Motor bekerjasama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) mengembangkan kendaraan penumpang listrik roda tiga. Penandatangan bentuk kerjasama yang tertuang dalam nota kesepahaman kedua belah pihak dilakukan Bertempat di Gedung Andi Hakim Nasution, Intitut Pertanian Bogor, dilakukan oleh rektor IPB, Prof Dr Herry Suhardiyanto bersama dengan Ignatius Kartiman selaku Presiden Direktur PT. Triangle Motorindo dengan disaksikan oleh perwakilan Dosen, Dekan, dan mahasiswa IPB. Turut hadir perwakilan dari Perusahaan Listrik Negara (PLN) area Bogor yang ikut mendukung hadirnya kendaraan listrik di lingkungan IPB dengan membangun Stasiun Penyedia Listrik Umum (SPLU) di beberapa titik dalam area kampus IPB. Kendaraan penumpang mengunakan sumber daya motor listrik yang sedang dikembangkan saat ini menggunakan spesifikasi dari motor niaga roda tiga Viar Karya yang diriset ulang oleh IPB menjadi kendaraan berkapasitas empat penumpang. Pengem