Langsung ke konten utama

Mutualisma Viar – IPB kembangkan kendaraan roda tiga listrik


Viar Lover’s, PT Triangle Motorindo (TM) produsen Viar Motor bekerjasama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) mengembangkan kendaraan penumpang listrik roda tiga. Penandatangan bentuk kerjasama yang tertuang dalam nota kesepahaman kedua belah pihak dilakukan Bertempat di Gedung Andi Hakim Nasution, Intitut Pertanian Bogor, dilakukan oleh rektor IPB, Prof Dr Herry Suhardiyanto bersama dengan Ignatius Kartiman selaku Presiden Direktur PT. Triangle Motorindo dengan disaksikan oleh perwakilan Dosen, Dekan, dan mahasiswa IPB. Turut hadir perwakilan dari Perusahaan Listrik Negara (PLN) area Bogor yang ikut mendukung hadirnya kendaraan listrik di lingkungan IPB dengan membangun Stasiun Penyedia Listrik Umum (SPLU) di beberapa titik dalam area kampus IPB.

Kendaraan penumpang mengunakan sumber daya motor listrik yang sedang dikembangkan saat ini menggunakan spesifikasi dari motor niaga roda tiga Viar Karya yang diriset ulang oleh IPB menjadi kendaraan berkapasitas empat penumpang. Pengembangan kendaraan penumpang dipimpin oleh Dr. Desrial selaku Direktur YARI-IPB, akan melakukan riset dan pengembangan terhadap mesin bertenaga listrik yang telah berhasil diciptakan oleh Dr, Desrial. Total telah ada 5 unit kendaraan roda tiga yang akan dijadikan proyek uji coba sebagai kendaraan operasional di lingkungan kampus dan akan terus bertambah dengan target awal sebanyak 30 unit roda tiga.

Prof Dr. Herry Suhardiyanto, memaparkan latar belakang pembuatan kendaraan roda tiga listrik ini berawal dari program IPB untuk menargetkan pada tahun 2020 di lingkungan kampus telah bebas dari kendaraan bermotor. Dijelaskan pula bahwa kendaraan purwarupa dilengkapi ruang kabin akan diujicobakan sebagai armada operasional untuk mengangkut mahasiswa yang ingin menuju gedung lain atau laboratorium.


“Sejak tahun 2015 IPB telah mencanangkan program Green Transportation di dalam lingkungan kampus sebagai salah satu kontribusi kami mengurangi tingkat polusi akibat gas buang kendaraan. Sebagai langkah awal kami telah mengajak dosen maupun staff kampus menggunakan kendaraan listrik sebagai kendaraan operasional dalam area kampus sekaligus sebagai contoh bagi mahasiswa dan institusi pendidikan lain,” ujar Dr. Herry.


Presiden Direktur PT. Triangle Motorindo, Ignatius Kartiman menjelaskan bahwa PT Triangle Motorindo sangat terbuka dengan kerjasama dalam bidang riset dan pengembangan bersama dengan berbagai institusi pendidikan dan intitusi lainnya. “Kami mengucapkan terima kasih kepada Institut Pertanian Bogor dan Dr. Desrial atas kerjasama yang telah terjalin bersama dengan Viar Motor. Kami harap kerjasama ini dapat membangkitkan semangat Institusi Pendidikan untuk menghasilkan hasil karya terbaiknya untuk masyarakat Indonesia,” papar Kartiman.

Kartiman menambahkan bahwa mengenai perkembangan kendaraan listrik kedepannya, dirinya sangat mengharapkan bantuan dukungan dari berbagai pihak, seperti Pemerintah Pusat, Kemenristek, dan juga Kementrian Perhubungan karena PT. Triangle Motorindo telah berkomitmen untuk berperan aktif mendukung program Pemerintah seperti yang tertuang dalam Perpres nomor 22 tahun 2017. “Termasuk kendaraan roda tiga Penumpang Listrik, Kami sangat berharap kendaraan tersebut dapat diberikan ijin layak jalan untuk masyarakat umum, tidak seperti sekarang (roda tiga konvesional) yang hanya diberikan ijin utk kendaraan organda” tutup Kartiman.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

VIAR TRANSFORMERS of Supermoto CrossX200 SE

Courtesy: Blog Iwan Banaran Ketika Viar Cross X200SE bertransformasi menjadi Supermoto bike. Leleh tenan kang broooww !!…. Bro dan sis sekalian…..banyak yang bertanya apakah mungkin trail Viar Cross X200SE diirubah menjadi Supermoto bike??. Jawabannya sangat mungkin !!. Hal ini dibuktikan oleh bro Oman dari Batam yang secara terperinci menerangkan ke IWB via email. Asyiknya tidak banyak biaya yang kudu kita keluarkan sebab secara basis desain…Cross X200SE memang sudah ganteng dari sononya. Emang apa aja yang diubah??. Monggo lanjutkan bacanya….. Viar Cross X200SE sejak lahir sudah memiliki komponen mumpuni khususnya untuk sisi visual. Sebut saja suspensi upside down (USD)….swing arm gambot serta lingkar roda lebar yang bisa kita rombak sesuka hati. Jangan heran tampangnya bisa membuat siapapun leleh. Nah….untuk versi standart….pabrikan berbasis di Semarang ini memberikan ring depan 21inch dan belakang 18 inch (khusus versi SE). Sisi itulah yang harus kita ganti jika ingin melak...

Viar Motor Indonesia Luncurkan Viar Caraka Untuk Kaum Millenial

Jakarta, 26 January 2021 -  Produsen otomotif roda dua dan kendaraan niaga, PT. Triangle Motorindo hari ini kembali perkenalkan sepeda listrik model terbarunya, Viar Caraka, hadir untuk melengkapi varian unit sepeda listrik yang telah lebih dahulu diluncurkan. Konsep desainnya merupakan perpaduan sepeda listrik urban modern dengan teknologi terkini terlihat sporty dalam balutan pilihan warna Green Tosca , Snow White , Silver Mica  dan Sky Blue  hadir sebagai pelengkap gaya hidup dan mobilitas kaum milenial. “Kami persembahkan produk Viar Caraka bagi kawula muda untuk menemani beraktivitas . D esainnya modern, stylish, dan trendy dilengkapi beragam fitur modern dan multi fungsi sehingga   sesuai dengan karakter dan ciri khas gaya hidup generasi milenial yang dinamis,” ungkap Frengky Osmond, Marketing Communication Viar Motor Indonesia. Pola rancang bangun Viar Caraka mengutamakan faktor kenyamanan pengendara sehingga sadel didesain lebih lebar dan tebal.   “ Posi...

Viar luncurkan 2 varian Sepeda Listrik Akasha dan Uno

Viarnesia -- Sebagai pionir produsen kendaraan listrik, Viar Motor Indonesia menghadirkan dua produk baru sepeda listrik berlabel Uno dan Akasha. Berbeda dari pendahulunya, kedua sepeda listrik kompak ini ditujukan untuk mendukung mobilitas harian, seperti di lokasi perumahan, perkantoran atau sebagai armada pengiriman barang atau makanan. Marketing Communication Viar Motor Indonesia, Frengky Osmond mengungkapkan bahwa kehadiran Viar Uno dan Akasha merupakan bukti komitmen bahwa pabrikan asal Semarang, Jawa Tengah ini benar-benar serius untuk terus mengembangkan kendaraan listrik untuk pasar Indonesia. “Dengan pengalaman lebih dari 20 tahun sebagai industri sepeda motor yang berhasil memasarkan skuter listrik Viar Q1 yang terbukti handal, maka kami dengan percaya diri kini turut menghadirkan produk sepeda listrik yang tentunya memiliki kualitas lebih baik dibandingkan sepeda listrik sejeniskarena mengacu pada standar kualitas sepeda motor Viar” terang Frengky. Secara visual, Aka...